Cara Diagnosis Dini Tuberkulosis

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Cara Diagnosis Dini Tuberkulosis

llustrasi (PBS)

Sabtu, 25 Maret 2017 | 11:25

Analisadaily - Ilmuwan di Inggris menemukan cara untuk mendiagnosis Tuberkulosis atau TB lebih cepat. Jika sebelumnya TB baru bisa diketahui dalam beberapa bulan, kini cukup beberapa hari saja.

Para peneliti dari Oxford dan Birmingham ini mengatakan, mereka bisa mengisolasi strain yang berbeda dari jenis penyakit TB menggunakan proses yang disebut sekuensing genom. Kesempatan diagnosis dini akan memberikan peluang bagi penderita untuk lebih cepat disembuhkan.

"Cara ini dapat menyelamatkan banyak nyawa," kata Menteri Kesehatan Inggris, Jeremy Hunt, dilansir dari BBC, Sabtu (25/3).

Kasus TB di Inggris menjadi kasus yang paling tinggi di seluruh Eropa. Beberapa bulan belakangan, penyakit ini terus menunjukkan peningkatan signifikan. Departemen Kesehatan Inggris merilis, cara tersebut cukup efektif dalam memberantas TB.

Namun jika pasien yang terkena TB resisten terhadap obat, maka semakin sulit proses pemberantasan. Penelitian baru menemukan, satu dari lima kasus TB saat ini tahan terhadap satu jenis obat.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar