Cara Baru Perangi Zika

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Cara Baru Perangi Zika

Zika (CDC)

Kamis, 4 Mei 2017 | 11:58

Analisadaily - Perusahaan Florida Keys memiliki cara baru untuk memerangi ancaman Zika yang terus meluas ke beberapa negara. Perusahaan menerbangkan 40.000 nyamuk yang sudah disuntik dalam seminggu. Cara ini dinilai menjadi cara yang lebih alami sebagai vaksin.

"Ada 1.000 nyamuk aedis agypti jantan di tabung ini," kata Catherine Pruszynski, petugas lapangan untuk Distrik Kontrol Nyamuk Florida Keys.

Pruszynski mengemas 20 tabung penuh dengan nyamuk jantan. Nyamuk kemudian akan diterbangkan di sebuah lokasi yang telah ditentukan untuk bergabung dengan habitat alami. Nyamuk jantan tidak akan menggigit manusia berjenis kelamin pria. Sebaliknya. Nyamuk jantan akan menggigit wanita.

Nyamuk jantan yang ada di tabung berasal dari laboratorium MosquitoMate Kentucky, yang bermitra dengan University of Kentucky. Kedua perusahaan telah memberi makan nyamuk dengan bakteri alami yang disebut wolbachia. Ini memberikan efek mensterilisasi jantan yang dirasa mampu mencegah penyebaran zika.

"Itulah keuntungan utama dengan percobaan ini. Nyamuk telah diberi makan bakteri, mereka sudah aman. Mereka pergi mencari pasangan dan telurnya akan mati,” tambahnya, seperti laporan dari Fox News, Kamis (04/5).

Jadi, secara logis, populasi nyamuk lokal secara dramatis menyusut seiring berjalannya waktu. Pandemi Zika dimulai tahun 2016 dan telah menginfeksi lebih dari 5.000 orang Amerika.

Itulah sebabnya ahli sangat ingin melihat seberapa efektif nyamuk yang diberi makan bakteri berpengaruh pada perkembangan zika. Percobaan akan dilakukan selama 12 minggu ke depan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar