Cara Baru Mengobati Kanker Prostat

Penulis: Elfa | Editor: Ria Situmorang

Cara Baru Mengobati Kanker Prostat

Ilustrasi (City of Hope)

Rabu, 25 Mei 2016 | 19:10

Analisadaily - Food and Drug Administration (FDA) menyetujui sistem USG pertama untuk mengobati jaringan prostat di Amerika Serikat. Pengobatan baru ini disebut high-intensity focused ultrasound atau bisa disingkat HIFU.

Merupakan teknologi menggunakan gelombang ultrasound untuk menghancurkan jaringan kanker yang ditemukan pada kelenjar prostat, HIFU bekerja dengan transmisi kekuatan mekanik melalui gelombang ultrasound yang menghasilkan panas ke jaringan ganas karena prostat berada jauh di dalam panggul.

Dilaporkan dari Fox News, Rabu (25/5), tehnik HIFU menggunakan probe yang ditempatkan ke dalam rektum agar mengeluarkan sinar gelombang ultrasound. Hal ini memungkinkan HIFU secara akurat mengarahkan sinar ke daerah di mana kanker berada.

HIFU telah disetujui oleh negara-negara lain, di mana lebih dari 50.000 orang telah diobati sesuai prosedur tersebut. HIFU bukan teknologi baru dalam pengobatan kanker yang telah digunakan untuk kanker payudara, hati, ginjal, pankreas dan kanker tulang sebelumnya.

Hasil operasi menyatakan, kelangsungan hidup penderita meningkat 99 persen karena tingkat komplikasi rendah. Keuntungannya lagi, HIFU tidak membuat seseorang ketergantungan pada terapi radikal. Kelemahan dari HIFU, termasuk kemungkinan jaringan parut prostat, tingkat kekambuhan yang tidak dipahami dengan baik serta biaya.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Journal of Cancer, 19,7 persen pasien yang menjalani HIFU untuk pengobatan kanker prostat dapat berakhir dengan struktur uretra dan 6,2 persen dapat berubah menjadi epididimitis.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar