Cahaya Lampu Mampu Tingkatkan Libido Pria

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Cahaya Lampu Mampu Tingkatkan Libido Pria

Ilustrasi (BBC)

Selasa, 20 September 2016 | 12:55

Analisadaily - Para ilmuwan dari University of Siena, Italia, menemukan manfaat lain dari cahaya lampu. Selain mampu mengobati depresi dan peningkatan kadar testosteron, cahaya lampu ternyata juga bisa meningkatkan libido pria.

Para ilmuwan melakukan penelitian terhadap 38 pria yang telah didiagnosis mengalami gangguan libido rendah. Setengah dari jumlah sampel tersebut, menjalankan terapi cahaya lampu. Mereka menjalani terapi selama setengah jam dalam waktu dua pekan.

Ketika diuji ulang, kelompok yang menjalani terapi cahaya lampu, mengalami peningkatan libido hingga tiga kali lipat. Kemudian, kadar testosteron juga meningkat pada pria yang mendapatkan terapi.

Pemimpin penelitian, Prof. Andrea Fagiolini mengatakan, peningkatan testosteron menjelaskan kepuasan seksual.

Terapi cahaya menggunakan lampu neon ini disebut kotak cahaya. Alat itu digunakan untuk menstimulasi paparan sinar matahari. Lampu neon yang digunakan sangat terang, biasanya 10 kali intensitas lampu di rumah.

"Di belahan bumi utara, produksi testosteron tubuh secara alami menurun dari November hingga April, kemudian naik terus melalui musim semi dan musim panas. Puncaknya pada bulan Oktober. Anda melihat efek ini di tingkat reproduksi. Bulan Juni menunjukkan tingkat tertinggi konsepsi. Penggunaan kotak cahaya benar-benar meniru apa yang dilakukan alam," kata Fagiolini, dilansir dari BBC, Selasa (20/9).

Menurutnya, cahaya menghambat kelenjar pineal di pusat otak yang memungkinkan lebih banyak produksi testosteron. Terapi cahaya di masa yang akan datang diharapkan bisa menawarkan manfaat obat-obatan dengan efek samping lebih kecil.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar