Cacing Parasit Buat Wanita Miliki Banyak Anak

Penulis: Lely Novita

Cacing Parasit Buat Wanita Miliki Banyak Anak

Cacing parasit Ascaris lumbricoides laki-laki, Corbis. (Independent)

Senin, 23 November 2015 | 11:28

Analisadaily - Para ilmuwan telah menemukan, wanita yang terinfeksi jenis cacing parasit tertentu berpeluang untuk hamil dan memiliki banyak anak.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science menunjukkan cacing gelang yang hidup di dalam tubuh wanita Bolivia diyakini dapat menyebabkan wanita tersebut memiliki lebih dari dua anak dibandingkan wanita rata-rata.

Studi yang melibatkan 986 wanita pribumi (Bolivia) ini mengklaim wanita dengan infeksi cacing, yang disebut Ascaris lumbricoides, akan mengalami perubahan sistem kekebalan tubuh dan membuat mereka menjadi lebih subur.

Profesor Aaron Blackwell, salah satu penulis studi dan seorang peneliti di University of California Santa Barbara, mengatakan efek dari cacing ini secara tiba-tiba menjadi signifikan.

“Kami pikir efek yang kami lihat selama ini mungkin karena infeksi ini mengubah sistem kekebalan tubuh wanita, sehingga mereka menjadi lebih atau kurang bersahabat terhadap kehamilan,” katanya, seperti dikutip dari laman Independent, Senin (23/11).

Namun Prof. Blackwell menambahkan perlunya penelitian lebih lanjut sebelum mempertimbangkan “kemungkinan menarik” bahwa cacing dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan.

Sementara itu, pakar kesuburan lain, Professor Allan Pacey di University of Sheffield, mengatakan temuan ini bisa menjadi obat baru bagi wanita yang ingin hamil.

“Meskipun saya tidak ingin mengatakan wanita yang mencoba dan terinfeksi dengan cacing gelang sebagai cara untuk meningkatkan kesuburan mereka, studi lebih lanjut dari imunologi pada wanita yang memiliki parasit pada akhirnya bisa menyebabkan obat peningkat kesuburan baru,” kata Prof. Pacey.

Sementara cacing lain, cacing tambang, yang juga ditemukan dalam studi justru menyebabkan wanita memiliki sedikit anak. Hal itu mungkin karena parasit tertentu menekan sistem kekebalan tubuh, alih-alih meningkatkannya.

Professor Rick Maizels, seorang spesialis cacing parasit, menyebutkan efek cacing tambang ini sangat mengerikan.

“Ini mengerikan karena efek cacing tambang begitu besar. Setengah dari wanita berusia 26-28 belum hamil dan itulah efek besar dalam kehidupan,” katanya.

Sekedar informasi, para ilmuwan telah melaporkan sebelumnya bahwa sistem kekebalan tubuh wanita memang berubah secara alami selama kehamilan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar