Brasil Darurat Demam Kuning

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Brasil Darurat Demam Kuning

 Demam Kuning (Nathnac)

Rabu, 24 Januari 2018 | 13:45

Analisadaily - Negara bagian Minas Gerais di negara bagian tenggara Brasil berada dalam status darurat kesehatan, karena demam kuning mewabah.

Sedikitnya 15 orang meninggal sejak Desember. Banyak daerah, termasuk ibukota negara bagian Belo Horizonte telah terkontaminasi. Program vaksinasi massal dilakukan di tiga negara bagian selatan.

Antrian untuk mendapatkan vaksin sendiri sudah membludak di klinik di Rio dan Sao Paulo karena masyarakat khawatir kehabisan vaksin.

Dilansir dari BBC, Rabu (24/1) demam kuning disebabkan oleh virus yang ditularkan dari nyamuk ke manusia. Sulit untuk mendiagnosa demam kuning, karena gejalanya mirip dengan demam biasa.

Kebanyakan orang sembuh setelah fase pertama terinfeksi. Fase pertama memiliki gejala demam, nyeri otot dan punggung, sakit kepala, menggigil, kehilangan nafsu makan, mual atau muntah.

Sekitar 15% orang menghadapi fase kedua dan memiliki gejala lebih serius. Misalnya, demam tinggi, sakit kuning, pendarahan dan fungsi ginjal yang memburuk. Kemudian setelah fase kedua, penderita akan masuk ke fase toxic. Fase ini biasanya akan membuat penderita tidak bertahan dalam waktu 10 sampai 14 hari.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar