Berbagai Jenis Tanda Lahir yang Perlu Diketahui

Penulis: Reza Perdana

Berbagai Jenis Tanda Lahir yang Perlu Diketahui

Ilustrasi (Pixabay)

Senin, 8 Juli 2019 | 12:20

Analisadaily - Tanda lahir adalah semacam ketidakteraturan pada kulit yang ada sejak lahir atau tidak lama setelah lahir. Tanda lahir sangat umum dan umumnya aman, tetapi dalam beberapa kasus mungkin menunjukkan risiko kesehatan.

Dua jenis tanda lahir utama adalah tanda lahir vaskular dan tanda lahir berpigmen. Seorang dokter Viquar Mundozie menjelaskan, vaskular adalah pertumbuhan berlebih dari pembuluh darah kulit kecil yang akhirnya memberi warna merah, pink atau biru ke area kulit.

“Juga dikenal sebagai noda anggur, salmon, atau tanda stroberi. Tanda lahir vaskular datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, beberapa di antaranya memiliki nama spesifik,” kata Viquar, dilansir dari Asia One, Senin (8/7).

Menurut direktur medis dari Ethos Spa, Skin and Laser Center, Hardick Soni, merah tua atau ungu, noda anggur dihasilkan dari kerusakan saraf yang mengendalikan penyempitan dan pelebaran kapiler.

Seentara tambalan salmon terjadi pada 50 persen bayi di seluruh dunia, menurut National Health Service (NHS) Inggris, dan mungkin tampak lebih menonjol ketika bayi menangis karena aliran darah yang lebih deras.

Tanda stroberi berwarna merah muda atau merah dan sering tumbuh dalam beberapa bulan pertama kehidupan seorang anak. Keungkinan lenyap begitu anak mencapai usia 7 hingga 10 tahun.

Tanda lahir berpigmen, di sisi lain, disebabkan oleh lebih banyak pembuluh darah daripada yang dibutuhkan di area kulit tertentu.

“Ini terkait dengan distribusi warna kulit dan disebabkan sekresi pigmen kulit melanin yang berlebihan atau pengelompokan sel-sel pigmen yang disebut melanosit di area yang terlibat,” jelas Viquar.

Jenis tanda lahir berpigmen yang umum, yang merupakan area berwarna cokelat pada kulit yang sering memudar seiring bertambahnya usia seseorang, menurut American Academy of Dermatologists (AAD).

Jenis lain adalah tempat Mongolia, yang biasanya muncul pada anak-anak dengan kulit lebih gelap dan dapat bertahan seumur hidup. Dipercayai beberapa tanda lahir adalah genetik, tetapi para ilmuwan sedang meneliti mengapa beberapa tanda pudar dan lainnya tidak.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar