Berapa Lama Makanan Tahan Jika Dibekukan?

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Berapa Lama Makanan Tahan Jika Dibekukan?

Daging yang dibekukan bisa bertahan hingga 4-6 bulan (Huffington Post)

Kamis, 15 Maret 2018 | 13:46

Analisadaily - Dunia maya selalu penuh dengan informasi. Termasuk panduan bermanfaat yang memberitahu kita berapa lama makanan dapat bertahan di freezer atau dibekukan. Misalnya, dada ayam mentah yang membeku disebut bisa bertahan selama sembilan bulan, sementara keju hanya bertahan hingga enam bulan.

Berbeda menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, USDA, panduan tersebut tidak mengacu pada keamanan sama sekali, karena semua makanan beku aman dikonsumsi, asalkan masih dalam kondisi baik saat dibekukan.

"Karena pembekuan membuat makanan tetap aman hampir tak terbatas. Waktu penyimpanan yang direkomendasikan hanya untuk kualitas saja," kata perwakilan USDA, seperti dilansir dari Huffington Post, Kamis (15/3).

"Makanan yang disimpan terus menerus pada suhu 0 derajat Fahrenheit akan selalu aman. Hanya kualitasnya yang menurun," lanjutnya.

USDA menjelaskan mengapa pembekuan adalah metode penyimpanan yang aman. Pembekuan membuat makanan tetap aman dengan memperlambat pergerakan molekul, menyebabkan mikroba memasuki tahap yang tidak aktif.

(Hindustan Times)

(Hindustan Times)

Pembekuan menjaga makanan untuk waktu yang lama karena mencegah pertumbuhan mikroorganisme, yang menyebabkan pembusukan makanan dan penyakit bawaan makanan. Pembekuan juga menginaktivasi bakteri, ragi dan jamur atau mikroba apa pun yang mungkin ditemukan dalam makanan.

Meski begitu, saat ingin mengolah makanan yang sudah beku, sebaiknya terlebih dahulu periksa bau makanan. Beberapa makanan akan menimbulkan bau tidak sedap saat dibekukan terlalu lama, dan harus dibuang.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar