Benda Berbahaya yang Biasa Ada di Kamar Mandi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Benda Berbahaya yang Biasa Ada di Kamar Mandi

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 5 April 2018 | 12:59

Analisadaily - Penelitian menunjukkan, ada banyak benda di kamar mandi yang justru membahayakan kesehatan. Padahal, benda-benda ini merupakan benda yang memang biasa diletakkan di sana. Misalnya mainan anak dari karet.

Prof John Oxford, profesor virologi emeritus di Queen Mary University, London, mengatakan,  kamar mandi adalah tempat yang cukup rumit dari sudut pandang kebersihan.

Beberapa benda yang bisa meningkatkan penyakit di dalam kamar mandi:

1. Bebek karet dan mainan mandi

Institut Sains dan Teknologi Perairan Swiss, bersama dengan departemen teknik sipil di Universitas Illinois, mempelajari 19 mainan mandi dan menemukan jamur sebanyak 58% di seluruh mainan anak.

Sebab, mainan anak yang terkena air tidak dikeringkan benar, sehingga menimbulkan jamur.

2. Kursi mandi

Bagaimana Anda memandikan bayi yang baru lahir? Orangtua merasa lebih terbantu saat menggunakan kursi bayi saat memandikan anak mereka. Namun, kursi tidak memberikan perlindungan 100%.

"Kursi mandi memberikan rasa aman yang salah karena bayi dapat tenggelam hanya dalam beberapa sentimeter air,” kata perwakilan Royal Society for the Prevention of Accidents (ROSPA) dilansir dari BBC, Kamis (5/4).

4. Sabun

Sabun berguna untuk membersihkan tangan dan tubuh. Sabun justru menjadi sarang kuman jika diletakkan di kamar mandi.

"Bakteri dapat bersarang di atas sabun dan berpindah dari orang ke orang. Misalnya bakteri E.coli. Jika seseorang dari luar keluarga terkontaminasi bakteri dan menggunakan sabun, maka dengan cepat menular ke seluruh anggota keluarga,” lanjutnya.

5. Handuk

Jangan pernah berbagi handuk pada siapa pun.

"Sebaiknya dihindari. Kuman bisa berada di handuk selama berjam-jam. Sebenarnya handuk adalah tempat yang baik bagi bakteri atau kuman karena lembab,” tambahnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar