Begini Cara Cacing Paru Tikus Menginfeksi Manusia

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Begini Cara Cacing Paru Tikus Menginfeksi Manusia

Angiostrongylus Cantonensis (Lizzie)

Sabtu, 1 Juli 2017 | 10:22

Analisadaily - Cacing paru tikus atau disebut Angiostrongylus cantonensis semakin mengkhawatirkan karena semakin banyak manusia yang terinfeksi. University of Florida menjelaskan, beberapa pasien yang terkena parasit ini terjadi di Hawaii, Louisiana dan Texas.

Tidak hanya di tiga negara bagian di atas. Baru-baru ini, para peneliti menemukan tikus dan bekicot yang terbukti positif terkena parasit di lima negara bagian Florida, yakni Alachua, Hillsborough, Leon, St. Johns dan Orange.

Mereka yang terkena infeksi ini mengalami sakit kepala, leher kaku, kesemutan atau perasaan menyakitkan di kulit, demam ringan, mual, dan muntah. Dilansir dari Fox News, Sabtu (01/7), cacing paru tikus biasanya disebarkan oleh hewan pengerat, terutama tikus.

Tikus mendapatkan cacing ini karena mereka memakan Siput. Siput yang dimakan memakan larva. Manusia yang mengkonsumsi siput mentah atau kurang matang menjadi cara cacing menginfeksi manusia.

Mengonsumsi udang air tawar mentah, kepiting atau katak yang terinfeksi dengan larva juga dapat membuat infeksi cacing paru tikus. Jenis penyakit ini tidak menular. Namun yang terpenting, menjaga kebersihan sebelum makan adalah hal yang utama.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar