Beberapa Antibiotik Berhubungan Dengan Keguguran

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Beberapa Antibiotik Berhubungan Dengan Keguguran

Ilustrasi (Womens Health)

Selasa, 2 Mei 2017 | 12:15

Analisadaily - Pada kenyataannya, virus dan infeksi bisa terjadi saat Anda hamil, terutama karena sistem kekebalan tubuh menurun. Biasanya antibiotik diresepkan dokter selama kehamilan.

Sebuah studi baru oleh para periset di Université de Montréal menunjukkan, beberapa antibiotik yang diresepkan dokter justru membuat dampak negatif pada janin.

Catatan medis dari 180.000 orang lebih selama kehamilan pada usia 15 sampai 45 tahun antara 1998 dan 2009, menemukan adanya hubungan keguguran dengan antibiotik yang diresepkan.

Antibiotik yang dikonsumsi tidak hanya berpengaruh selama kehamilan, sebelum kehamilan, antibiotik tertentu pun mampu membuat seorang wanita hamil keguguran.

Penulis penelitian, Flory T. Muanda, M.D., menjelaskan antibiotik seperti Azitromisin (diresepkan untuk radang tenggorokan), klaritromisin (diresepkan untuk pneumonia), tetrasiklin (diresepkan untuk jerawat dan sifilis).

Kemudian doksisiklin (diresepkan untuk infeksi saluran kemih dan penyakit gusi), minocycline (untuk infeksi saluran kemih, Jerawat, dan klamidia), kuinolon (untuk pronkitis, sinusitis, dan pneumonia).

Selanjutnya siprofloksasin (mengobati diare infeksius dan infeksi saluran kemih), norfloksasin (mengobati saluran kencing dan infeksi ginekologi lainnya), levofloksasin, sulfonamide dan metronidazol, menjadi antibiotik yang harus diwaspadai.

Jika Anda hamil dan mengalami infeksi, sebaiknya benar-benar pertimbangkan antibiotik. Tapi jika ibu hami memiliki infeksi aktif dan tidak mengonsumsi antibiotik, terkadang justru dapat menimbulkan risiko lebih besar daripada tidak menggunakan antibiotik.

"Jangan hindari antibiotik jika Anda benar-benar membutuhkannya. Kosnultasi dengan dokter. Sebaiknya sebelum hamil periksakan diri Anda," kata Muanda, seperti dilansir dari Womens Health, Selasa (2/5).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar