Batasi Jumlah Glukosa Anak Per Hari

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Batasi Jumlah Glukosa Anak Per Hari

Ilustrasi (BBC)

Senin, 8 Januari 2018 | 13:47

Analisadaily - Setengah dari glukosa yang dikonsumsi anak-anak berasal dari makanan dan minuman ringan yang tidak sehat.

Rata-rata anak-anak sekolah dasar setidaknya mengonsumsi tiga kudapan manis setiap hari. Ini berarti mereka bisa mengonsumsi gula tiga kali lebih banyak dari yang direkomendasikan ahli medis.

Orang tua harus membatasi jumlah glukosa anak per hari, maksimal anak hanya boleh mengonsumsi 100 kalori per hari.

Dari sebuah penelitian, anak-anak berusia antara 4 sampai 10 tahun mengonsumsi 51,2% gula dari makanan ringan yang tidak sehat, termasuk biskuit, kue kering, roti kering, roti basah, permen, jus dan minuman bersoda.

Setiap tahun, anak-anak mengonsumsi rata-rata 400 biskuit, 120 kue, roti dan kue kering, 100 porsi permen, 70 batang cokelat dan 150 kaleng jus atau minuman bersoda.

Terlalu banyak gula bisa menyebabkan kerusakan gigi dan obesitas. Orang tua sebaiknya menyiapkan camilan sehat untuk anaknya, seperti sayuran, buah, roti malt, jeli bebas gula dan kerupuk nasi.

Pakar gizi di Public Health England, Dr. Alison Tedstone mengatakan, orang tua harus lebih memilih makanan praktis untuk kesehatan anaknya.

"Jika Anda berjalan-jalan di supermarket, Anda melihat lebih banyak makanan ringan daripada produk lainnya. Kotak makan siang anak-anak mulai dipenuhi dengan makanan ringan, bukan sehat," kata Dr. Alison, dilansir dari BBC, Senin (8/1).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar