Bakteri yang Dijadikan Obat Tumor Otak

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Bakteri yang Dijadikan Obat Tumor Otak

Bakteri Salmonella (Web Md)

Kamis, 12 Januari 2017 | 08:39

Analisadaily - Apa yang dinilai buruk, belum tentu selalu memiliki hasil yang buruk. Salah satunya adalah bakteri salmonella.

Bakteri salmonella selama ini dikenal sebagai penyebab infeksi gastrointestinal. Namun ternyata, bakteri itu bisa menjadi obat bagi penderita tumor otak.

Peneliti di Duke University, Amerika Serikat, berhasil mengambil strain salmonella yang sebelumnya diklaim sebagai penyebab racun dalam makanan. Mereka pun membalikkan fakta tersebut dengan menjadikan bakteri salmonella sebagai obat melawan tumor otak.

Sejauh ini, uji coba telah dilakukan pada tikus. Hasilnya, bakteri salmonella mampu meningkatkan kelangsungan hidup lebih dari 20% objek penelitian.

Menurut salah seorang peneliti, Johnathan Lyon, hasil 20% merupakan angka yang cukup fantastis dalam penelitian mereka.

"Glioblastoma pada tumor otak begitu agresif dan sulit diobati. Setiap perubahan berdampak pada kelangsungan hidup. Namun, 20% angka kesembuhan sangat menggembirakan," kata Lyon, dilansir dari Ubergizmo, Kamis (12/1).

Lantas, mengapa salmonella dapat memerangi tumor otak? Alasannya karena inkonsistensi penetrasi bakteri ke dalam tumor. Tentu, pengujian lebih lanjut dibutuhkan di masa mendatang.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar