Bakteri di Usus Bisa Ubah Jenis Sel Darah

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Bakteri di Usus Bisa Ubah Jenis Sel Darah

Sel Darah (Fox News)

Kamis, 23 Agustus 2018 | 12:20

Analisadaily - Enzim yang dibuat oleh bakteri dalam saluran pencernaan manusia dapat mengubah dan menentukan golongan darah.

Kadar gula atau antigen, dapat menyebabkan reaksi kekebalan yang menghancurkan jika dimasukkan ke tubuh seseorang tanpa golongan darah tertentu.

Beberapa enzim yang ditemukan di masa lalu dapat mengubah tipe B darah menjadi tipe O. Atau, secara efektif mengubah tipe A ke tipe O.

"Itu selalu menjadi tantangan terbesar," kata peneliti Stephen Withers, seorang ahli biokimia di University of British Columbia dilansir dari Fox News, Kamis (23/8).

Dijelaskan peneliti, tipe darah O tidak memiliki antigen pada membran selnya. Ini menjadikannya sebagai golongan darah universal.

Artinya, orang-orang dari golongan darah manapun dapat mengambil transfusi tipe O tanpa berpengaruh terhadap reaksi sel darah merah.

Sebaliknya, sel darah merah tipe A, B dan AB memiliki antigen spesifik pada permukaannya, yang berarti orang dengan golongan darah tipe A dapat menyumbang hanya untuk penerima tipe A atau tipe AB, dan orang dengan golongan darah B hanya dapat menyumbang kepada tipe B atau tipe AB.

Penelitian terbaru menunjukkan, enzim yang dibuat dengan ekstrak DNA dari mikroba usus manusia dapat menghilangkan antigen tipe A dan B dari sel darah merah. Dimana, antigen pada membrane sel darah akan hilang.

Sel Darah Merah (Raynaud News)

Sel Darah Merah (Raynaud News)

Para peneliti menemukan cara ini menggunakan metode yang disebut metagenomics. Caranya cukup mudah. Hanya dengan mengekstraksi DNA dari semua mikroorganisme yang ditemukan di usus manusia. Terlebih lagi, enzim ini 30 kali lebih efektif dalam menghilangkan antigen A.

Setelah pengupasan antigen selesai, semua enzim yang tersisa dapat dengan mudah dikeluarkan dari sel darah merah dengan langkah pencucian sederhana.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar