Bakteri Bisa Makan Plastik dan Mengubahnya Jadi Air

Penulis: Christison Sondang Pane

Bakteri Bisa Makan Plastik dan Mengubahnya Jadi Air

Ilmuwan Jenny Yao dan Miranda Wang (Ubergizmo)

Sabtu, 15 Juni 2019 | 12:44

Analisadaily - Plastik membutuhkan waktu hampir lama untuk terurai, dan itu adalah masalah besar, terutama karena akan tiba saatnya bumi ini kehabisan ruang untuk menyimpan sampah plastik.

Inilah sebabnya mengapa ada inisiatif untuk menghilangkan sedotan plastik dan tas yang digunakan saat pergi ke supermarket.

Namun, ada sedikit kelegaan dalam penggunaan plastik di masa depan karena ilmuwan seperti Jenny Yao dan Miranda Wang mungkin telah menemukan solusinya. Kedua siswa ini mengembangkan jenis bakteri selama bertahun-tahun.

Bakeri ini tidak hanya dapat memakan plastik, tetapi dapat mengubahnya kembali menjadi air. Tetapi, ini bukan tidak berarti, bisa membuang bakteri ke plastik yang ada, namun harus melalui proses pelarutan.

Kemudian ditempatkan ke mesin biodigester di mana bakteri akan pergi. Ini bukan pertama kalinya dipikirkan menggunakan bakteri untuk membantu menyelesaikan masalah plastik, jadi ini hanyalah alternatif lain yang mungkin.

"Praktis mustahil membuat orang berhenti menggunakan plastic. Kita membutuhkan teknologi untuk memecahkan material, dan semuanya menjadi biodegradable,” kata Wang dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (15/6).

Sejak itu para siswa telah berhasil memperoleh pembiayaan $ 400.000 untuk mulai mengembangkan ini menjadi sebuah produk.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar