Baiknya Cuci Tangan Pakai Air Dingin atau Panas?

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Baiknya Cuci Tangan Pakai Air Dingin atau Panas?

Ilustrasi (BBC)

Senin, 12 Juni 2017 | 14:08

Analisadaily - Asusmsi masyarakat selama ini menilai mencuci tangan lebih baik adalah menggunakan air hangat, karena lebih ampuh membunuh kuman. Penelitian kecil yang dilakukan di Rutgers University-New Brunswick justru tidak membenarkannya.

Mereka telah melakukan penelitian dengan mencuci tangan kiri dengan air biasa, dengan suhu 15C (59F) dan bagian kanan menggunakan air yang dipanaskan sampai 38C (100F). Setiap orang yang ikut dalam penelitian diminta mencuci masing-masing tangannya sebanyak 20 kali dengan suhu yang sama.

Sebelum memulai tes, tangan mereka diberikan bakteri yang tidak berbahaya. Dilansir dari BBC, Senin (12/6), hasil penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan jumlah bakteri yang hilang hanya karena suhu air.

“Orang perlu merasa nyaman saat mereka mencuci tangan. Sejauh keefektifannya, penelitian ini menunjukkan, suhu air yang digunakan tidak penting,” kata salah satu peneliti, Prof. Donald Schaffner.

Mencuci tangan yang baik justru difokuskan kepada caranya. Dimana, setiap orang benar-benar menggosok seluruh permukaan tangan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar