Bahaya Tinta Tato Pada Kesehatan

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Reza Perdana

Bahaya Tinta Tato Pada Kesehatan

Wajah bertato (Daily Mail)

Senin, 25 Juli 2016 | 21:00

Analisadaily - Badan Kimia Eropa (ECHA) menyatakan, tinta pada tato dapat menyebabkan masalah kulit, termasuk reaksi alergi dan gatal-gatal. Jika dibiarkan berlangsung selama bertahun-tahun, maka mempunyai potensi meningkatkan kanker.

“Banyak laporan menunjukkan kekhawatiran bagi kesehatan masyarakat terkait komposisi tinta pada tato. Kekhawatirannya adalah alergi yang disebabkan zat kimia dalam tinta, seperti Karsinogenik, mutagenik atau reproduksi efek toksik,” bunyi pernyataan ECHA , seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (25/7).

Saat bahan kimia yang mutagenik, berarti itu dapat mengubah DNA sel dan menyebabkan mutasi yang dapat meningkatkan kanker. Tidak hanya pada pengguna, bahaya itu juga dapat mempengaruhi kesuburan dan perkembangan anak.

Oleh karena itu, ECHA dikabarkan akan segera mempublikasikan daftar bahan kimia yang digunakan dalam tinta tato, dan menjajaki apakah harus dilarang di Eropa. Menurutnya, ada juga warna yang paling dianggap berbahaya seperti merah, biru, hitam dan hijau.

Para peneliti di New York University Langone Medical Center menemukan, sebanyak enam persen dari orang dewasa yang bertato mengalami berbagai dampak negatif. Di antaranya ruam, gatal parah atau pembengkakan selama empat bulan dan bertahun-tahun. Pengobatan yang dilakukan juga selalu tidak berhasil.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar