Bahaya Rokok Bagi Wanita yang Belum Banyak Diketahui

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Bahaya Rokok Bagi Wanita yang Belum Banyak Diketahui

Ilustrasi (Quit Sisha)

Selasa, 18 April 2017 | 09:45

Analisadaily - Di seluruh dunia, 1 dari 10 orang meninggal akibat kebiasaan merokok. Menurut data Global Burden tahun 2015, sekitar 1 miliar orang merokok setiap hari dan lebih dari 6 juta orang meninggal akibat rokok per hari.

Dalam laporan yang sama, peneliti menemukan 1 dari 20 wanita merokok setiap hari. Meskipun peringatan sudah disampaikan melalui berbagai media, namun informasi yang diterima selama ini ternyata tidak menyeluruh.

Bahaya merokok lebih besar dari yang diketahui. Khusus wanita, bahaya merokok tidak hanya mengganggu janin dan kehamilan, namun juga tulang dan beberapa kesehatan lainnya, seperti:

Penyakit jantung

Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan pria saat merokok. Merokok merusak sel-sel darah dalam tubuh dan benar-benar menyebabkan penumpukan plak di arteri.

Tulang rapuh

Merokok juga berkaitan dengan pengurangan kepadatan tulang pada wanita. Kebiasaan ini semakin buruk karena pola makan yang tidak teratur, aktivitas fisik yang rendah dan konsumsi alkohol.

Payudara dan Kanker Serviks

Dalam kasus kanker serviks, merokok dapat merusak sel-sel serviks yang wanita butuhkan untuk melawan infeksi. Jika mereka tidak dapat melawan infeksi, serviks berpotensi menjadi kanker.

Sementara untuk kasus kanker payudara, merokok berisiko mengakibatkan kanker payudara hingga 75% bagi wanita.

Wanita harus memahami, merokok tidak akan memberi mereka status sosial yang lebih baik, membuat hidup lebih indah atau meningkatkan kesejahteraan fisik maupun emosional. Hal itu justru bisa menyebabkan masalah kesehatan, depresi dan kecanduan.

Sebaliknya, wanita harus menemukan cara lebih baik dalam melampiaskan emosi atau meningkatkan status sosial.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar