Bahaya Radang Tenggorokan

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Bahaya Radang Tenggorokan

Ilustrasi (Fox News)

Selasa, 21 Maret 2017 | 10:51

Analisadaily - Bakteri streptokokus yang menjadi penyebab radang tenggorokan, yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi infeksi. Itulah sebabnya mengapa radang tenggorokan tidak dapat dianggap menjadi penyakit tak serius.

Khusus untuk anak-anak, radang tenggorokan lebih berisiko dibandingkan orang dewasa. Dilansir dari Fox News, Selasa (21/3), infeksi tenggorokan bahkan dapat berkembang lagi menjadi infeksi pada ginjal. Pada awalnya akan menyebabkan pembengkakan, darah dalam urin, dan nyeri sendi.

Dalam beberapa kasus, infeksi berkembang dan menyebar kulit, jantung, darah dan sistem saraf. Beberapa lainnya terkena demam berdarah, meningitis atau bahkan syok toksik. Namun, kasus ekstrim ini tidak akan terjadi jika infeksi cepat mendapat penanganan dokter.

Radang tenggorokan adalah infeksi yang disebabkan oleh strain menular bakteri yang disebut Streptococcus pyogenes, atau kelompok A streptokokus. Setiap tahun, jutaan orang terkena infeksi. Ada 10-15 ribu kasus infeksi yang memburuk terjadi.

Tanda-tanda Infeksi antara lain, sakit tenggorokan berkepanjangan, nyeri saat menelan, amandel meradang (tenggorokan memerah, mungkin beberapa daerah putih), kelenjar getah bening sakit dan bengkak di leher, demam lebih dari 48 jam dan ruam.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar