Bahaya Dumolid yang Harus Anda Ketahui

Penulis: Reza Perdana

Bahaya Dumolid yang Harus Anda Ketahui

Dumolid (Berbagai Sumber)

Sabtu, 5 Agustus 2017 | 18:13

Analisadaily - Belakangan ini obat dumolid menjadi bahan perbincangan pasca ditangkapnya salah seorang selebriti tanah air, Tora Sudiro dan istrinya, Mieke Amalia oleh Satnarkoba Polres Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Namun tahukah Anda apa itu sebenarnya dumolid? Sehingga membuat pasangan selebriti tersebut harus berurusan dengan pihak kepolisian, serta bagaimana bahaya yang dapat ditimbulkan dari dumolid?

Dirangkum Analisadaily.com dari berbagai sumber, Sabtu (5/8), dumolid merupakan merek dagang nitrazolam, yaitu obat yang masuk dalam golongan benzodiazepine, yang dimanfaatkan dalam mengatasi gangguan tidur, ansietas berat, serta gangguan panik.

Bagi seseorang yang hendak membeli dumolid, membutuhkan resep dokter dan tidak dijual bebas, karena obat ini dapat menyebabkan tingkat kecanduan tinggi, dan harus digunakan dengan ekstra hati-hati.

Beberapa efek samping dumolid di antaranya dapat menyebabkan depresi, gangguan emosi, kantuk berlebihan, disorientasi, gangguan konsentrasi, penurunan pada tekanan darah hingga penurunan pada frekuensi napas.

Dumolid sama dengan nitrazepam dan megadon. Nitrazepam biasanya dipakai sebagai hipnotik untuk terapi jangka pendek gangguan insomnia, depresi, cemas, serta iritabilitas.

Sementara untuk nitrazepam mempunyai efek ketergantungan pada pengguna dengan dosis semakin meningkat, dan menimbulkan gangguan kepribadian juga.

Untuk efek jangka pendek dapat menimbulkan kemampuan penilaian menurun, reaksi acuh tak acuh, daya konsentrasi menghilang, serta reaksi koordinasi pengendalian terganggu.

Kemudian untuk efek jangka panjang, penderita menjadi mudah tersinggung, dan memiliki perilaku membingungkan. Umumnya obat yang satu ini dijual dengan istilah megadon dan dumolid.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar