Bahaya! Depresi Bisa Mengancam Hidup Jika Tak Diobati

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Bahaya! Depresi Bisa Mengancam Hidup Jika Tak Diobati

Ilustrasi (Financial)

Jumat, 5 Januari 2018 | 12:07

Analisadaily - Afrika Selatan berduka atas kematian DJ FM Motsweding Lara Kruger, yang meninggal dunia pada Rabu (3/1) pagi. Setelah diperiksa, dia ternyata menderita depresi.

Tidak hanya Kruger, beberapa bintang lainnya dari seluruh dunia sering ditemukan tewas bunuh diri karena depresi. Ini membuktikan keseriusan depresi bisa mengancam hidup.

Menurut South African Depression and Anxiety Group (SADAG), depresi datang dalam bentuk ringan, sedang dan berat. Meski gejala depresi berbeda, yang paling umum adalah:

1. Perubahan mood: Seseorang mudah tersinggung, sedih atau cemas perasaan putus asa, rasa bersalah dan ketidakberdayaan.

2. Kehilangan minat dan hobi

3. Kesulitan tidur

4. Perubahan selera makan

5. Minat seks berkurang

6. Ingin bunuh diri

Jika gejala umum seperti yang telah disebutkan di atas tidak diobati, maka depresi bisa mengancam nyawa karena depresi berisiko tinggi membuat seseorang ingin bunuh diri.

Penelitian mencatat, kasus bunuh diri yang umum terjadi disebabkan kesehatan mental.

"Pada remaja, depresi yang tidak diobati dapat dialihkan melalui penyalahgunaan zat. Pada orang dewasa muda yang mengalami depresi, hal itu dapat berdampak pada penyalahgunaan alkohol dan bunuh diri sering terjadi pada mereka dnegan umur setengah baya," kata Psikolog Zamo Mbele.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar