Bahaya Anak yang Melewatkan Makan Siang

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Lely Novita

Bahaya Anak yang Melewatkan Makan Siang

Michelle Obama mempersiapkan makan siang bersama dengan siswa SD selama panen musim gugur tahunan di taman Gedung Putih (Reuters/Fox News)

Rabu, 9 Maret 2016 | 08:34

Analisadaily - Anak-anak yang melewatkan jam makan siang, mungkin tidak akan mendapatkan cukup vitamin dan mineral dari makanan ringan mereka.

Sebuah studi menjelaskan, informasi nutrisi selama hampir 4.800 anak-anak pada usia sekolah menemukan bahwa sekitar 7 sampai 20 persen anak melewatkan makan siang setidaknya sekali dalam seminggu.

"Secara keseluruhan, makan siang sangat penting untuk membantu anak-anak mencukupi kebutuhan gizi mereka, terutama untuk vitamin yang larut dalam lemak A dan D, mineral seperti kalsium, fosfor dan magnesium juga sangat penting untuk kesehatan tulang, dan serat makanan," kata rekan penulis studi Alison Eldridge dari Nestle Research Center di Lausanne, Swiss, kepada Reuters Health.

Studi sebelumnya difokuskan pada nutrisi asupan dan sarapan atau ngemil, tapi tidak ada seorang pun yang melihat apa yang terjadi ketika anak-anak melewatkan makan siang. Dalam penelitian tersebut dikatakan, anak-anak yang tidak makan siang cenderung kekurangan vitamin A, D, E, dan K, bersama dengan beberapa mineral penting.

Tidak hanya itu, anak-anak yang melewatkan makan siang juga dikatakan memiliki kekurangan protein, serat, dan jumlah lemak. Bahkan asupan total gula dan lemak padat mereka tidak berbeda dibandingkan pada anak-anak yang makan siang.

"Kami terkejut pada jumlah anak-anak dan remaja yang melewatkan makan siang, terutama pada akhir pekan," kata Eldridge. 

Eldridge mengatakan masa kanak-kanak adalah waktu yang penting untuk membangun kebiasaan yang dapat mempengaruhi kesehatan seumur hidup.

"Orang tua memiliki peran penting dalam pemodelan perilaku makan yang baik, dengan menawarkan berbagai makanan padat nutrisi untuk anak-anak mereka, dan dengan mendorong anak-anak untuk makan secara teratur," kata Eldridge, dilansir dari Fox News, Rabu (9/3).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar