Bagian Tubuh yang Wajib Diolesi Tabir Surya

Penulis: Lely Novita

Bagian Tubuh yang Wajib Diolesi Tabir Surya

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Sabtu, 23 Mei 2015 | 10:54

Analisadaily - Sebelum mengaplikasikan tabir surya, Anda perlu memperhatikan bagian-bagian tubuh mana saja yang tidak boleh terlewatkan dari lotion pelindung sinar UV Anda karena hal tersebut juga berpengaruh bagi kesehatan kulit Anda.

Jika Anda belum mengetahui bagian tubuh mana saja yang tidak boleh terlewatkan saat mengolesi tabir surya, berikut penjelasannya seperti yang dilansir dari Huffington Post :

1. Telinga

Menurut sebuah studi 2007 dari The Skin Cancer Foundation Journal, telinga adalah lokasi ketiga yang paling sering terserang karsinoma sel basal, yang membuat sekitar 80 persen dari 1,3 juta kasus baru dari kanker kulit non-melanoma (kurang agresif) di AS setiap tahunnya.

Karsinoma sel basal (KSB) adalah tumor kulit yang bersifat ganas, yang umumnya muncul pada kulit yang sering terpapar sinar matahari.

2. Kulit kepala (Scalp)

Rambut tak sepenuhnya melindungi kulit kepala dari sengatan matahari, yang mungkin dapat membuat kulit kepala Anda terbakar dan kering. Oleh karena itu, jangan lupa olesi secukupnya lotion tabir surya di daerah kulit kepala Anda.

3. Kelopak mata

Kulit yang sangat lembut, seperti kelopak mata, juga perlu dilindungi dari paparan sinar UV. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pelembab atau krim mata yang mengandung SPF agar lebih mudah diserap.

4. Bagian kulit yang tertutupi baju/bikini

Kulit Anda juga bisa terbakar melalui kain dari baju/bikini yang Anda pakai, kecuali Anda mengenakan bikini khusus UV-blocking. Para ahli merekomendasikan untuk menyertakan bagian kulit yang tertutup oleh bikini dalam penggunaan tabir surya.

5. Bagian atas kaki

Sendal Anda mungkin saja bisa menutupi kaki Anda dari sengatan matahari, tapi Anda tetap disarankan untuk mengolesi tabir surya di bagian atas kaki.

6. Punggung tangan

Tidak seperti telapak tangan dan telapak kaki yang dilindungi oleh lapisan tebal sel kulit mati sehingga membatasi jumlah cahaya UV yang masuk ke dalam tubuh, telapak tangan kita justru terdiri dari lapisan tipis yang perlu perlindungan ekstra saat berada di bawah sinar matahari.

7. Bibir

Menurut Skin Cancer Foundation, bibir bawah lebih banyak membutuhkan tabir surya karena 12 kali lebih mungkin dapat mengembangkan kanker daripada bibir bagian atas. Bagi para pria, jangan malu untuk menggunakan lip balm karena Anda 13 kali lebih mungkin berisiko terkena kanker bibir daripada wanita.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar