Ayah Bisa Wariskan Kanker Ovarium Ke Anak Perempuan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Ayah Bisa Wariskan Kanker Ovarium Ke Anak Perempuan

Ilustrasi (BBC)

Kamis, 22 Februari 2018 | 11:52

Analisadaily - Setelah mengidentifikasi mutasi gen baru yang bisa meningkatkan risiko kanker ovarium, ilmuwan AS meyakini seorang ayah dapat mewarisi jenis kanker tersebut kepada anak perempuannya.

Kanker diwariskan melalui kromosom X dan tidak bergantung pada gen lain. Saat ini, perempuan dengan riwayat keluarga penderita kanker bisa diuji dengan gen BRCA. Misalnya Angelina Jolie mewarisi BRCA1 dari ibunya.

Di sisi lain, tidak hanya ibu yang dapat mewarisinya ke anak perempuan. Kanker ovarium sporadis yang sebenarnya diwariskan melalui kromosom X berasal dari ayah.

Dr. Kevin Eng dan rekan-rekannya di Roswell Park Cancer Institute, New York, Amerika Serikat, meneliti gen yang disebut MAGEC3.

Kanker ovarium yang terkait dengan gen dari ayah memiliki usia lebih muda dan juga dikaitkan dengan tingkat kanker prostat yang lebih tinggi pada anak laki-laki.

"Apa yang harus kami lakukan selanjutnya adalah memastikan. Kita memiliki gen yang tepat dengan mengurutkan lebih banyak gen keluarga. Ini adalah pola yang tidak ada sama sekali," kata Dr. Kevin, dilansir dari BBC, Kamis (22/2).

"Keluarga dengan tiga anak perempuan yang memiliki kanker ovarium lebih mungkin disebabkan karena mutasi X yang diwariskan ayahnya," sambung Kevin Eng.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar