Autis Anak Terkait dengan Obesitas dan Diabetes Ibu

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Reza Perdana

Autis Anak Terkait dengan Obesitas dan Diabetes Ibu

Ilustrasi (Fox News)

Selasa, 2 Februari 2016 | 19:50

Analisadaily - Anak-anak yang lahir dari ibu dengan obesitas dan diabetes dikatakan memiliki peluang mengalami risiko autisme. Dalam sebuah studi, ibu yang mengalami obesitas sebelum hamil hampir dua kali lipat lebih memungkinkan anaknya terkena autis diusia 6 tahun.

"Studi baru menyoroti potensi autis yang dimulai saat ibu belum menjalani kehamilan," kata penulis studi M. Daniele Fallin, ketua departemen kesehatan mental di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore, seperti dilansir dari Fox News,Selasa (2/2).

Para peneliti mengamati tingkat autisme dan cacat secara intelektual pada 2.700 anak-anak. Mereka melihat bobot pra kehamilan ibu dan anak-anak, serta memeriksa masalah diabetes sebelum atau selama kehamilan mereka.

Mekanisme yang menghubungkan obesitas ibu dan diabetes serta risiko anak autis tidak jelas. Beberapa penelitian menunjukkan obesitas dan diabetes dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh ibu, dan pada gilirannya dapat memberikan kontribusi pada perkembangan autisme pada anak.

Mekanisme lain yang mungkin berhubungan dengan folat, seperti ada bukti yang muncul bahwa suplemen folat merupakan faktor protektif untuk autisme.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar