AS Hentikan Penjualan Beberapa Produk Pembersih Tangan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

AS Hentikan Penjualan Beberapa Produk Pembersih Tangan

Ilustrasi (Health News Line)

Sabtu, 3 September 2016 | 07:35

Analisadaily - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA), menghentikan penjualan sejumlah produk pembersih tangan anti-bakteri.

Menurut mereka, beberapa produk tersebut diketahui tidak efektif dalam membunuh kuman dan justru mengandung bahan berbahaya.

Namun penarikan ini tidak mempengaruhi pembersih tangan berbasis alkohol seperti Purell atau produk anti-bakteri yang digunakan di rumah sakit dan klinik.

"Langkah ini mempengaruhi 2.100 produk atau sekitar 40% dari over-the-counter pasar pencuci tangan," kata Direktur Divisi Obat FDA, Dr. Theresa Michele, dilansir dari FoxNews, Sabtu (3/9).

Sementara produsen pembersih tangan seperti Johnson & Johnson, Procter & Gamble Co dan Colgate-Palmolive telah mengatakan, pihaknya segera menghindari bahan-bahan yang terdaftar berbahaya, termasuk triclosan dan triclocarban.

"Mencuci tangan dengan sabun antiseptik dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Di luar itu, bisa menggunakan air atau sabun non-anti-bakteri," kata juru bicara American Cleaning Institute (ACI), Brian Sansoni.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar