Aplikasi Smartphone Bisa Deteksi Infeksi Telinga

Penulis: Christison Sondang Pane

Aplikasi Smartphone Bisa Deteksi Infeksi Telinga

Ilustrasi (Ubergizmo)

Senin, 20 Mei 2019 | 12:55

Analisadaily – Berkat teknologi smartphone yang terus berkembang sangat jauh, dan tidak lagi hanya sebagai perangkat yang melakukan panggilan telepon, mengirim email, memutar music, dan menjelajahi website.

Sekarang, smartphone mempunyai fungsi di luar bidang itu, ia semakin kompeten karena bisa digunakan di bidang medis sebagai pemindai ultrasound dan juga sebagai alat untuk membantu mendeteksi Alzheimer.

Dilansir dari Ubergizmo, Senin (20/5), baru-baru ini para peneliti mengembangkan sebuah aplikasi yang dibantu kertas kerucut untuk mendiagnosis infeksi telinga. Ini dinilai akan berguna bagi orang tua karena bisa terbantu mengetahui apakah anak kecilnya terinfeksi.

Melalui penggunaan aplikasi dan kertas, orang tua kemudian dapat membawa anak ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Cara memakainya dengan menggunakan speaker ponsel lalu menyalurkan suara melalui kertas kerucut dan berdasarkan gema dari suara akan bisa mengetahui apakah mungkin ada cairan di belakang gendang telinga atau tidak.

Sejauh ini, berdasarkan tes yang melibatkan sekitar 50 anak, ditemukan 85 persen aplikasi ini benar. Beberapa orang menunjukkan cairan di belakang telinga, meskipun itu tidak selalu mengindikasikan infeksi telinga.

Aplikasi ini masih eksperimental dan akan memerlukan izin oleh Food and Administration sebelum memasuki pasar.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar