Apel Granny Smith, Si Hijau yang Kaya Manfaat

Penulis: Triansari Prahara

Apel Granny Smith, Si Hijau yang Kaya Manfaat

Ilustrasi Apel Granny Smith (Berbagai Sumber)

Rabu, 14 Oktober 2015 | 19:27

Analisadaily – Apel hijau Granny Smith termasuk salah satu buah-buahan yang kaya akan antioksidan untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh manusia.

Salah satu keunikan yang dimiliki apel granny smith adalah kadar asamnya yang tinggi daripada apel lainnya, sehingga apel jenis ini tidak akan mudah berubah warna menguning jika dikupas dan dibiarkan terkena angin.

Granny smith sendiri sering kali dijadikan bahan makanan camilan ringan untuk orang-orang budaya Barat seperti campuran pie, oatmeal, salad, bahkan yogurt.  

Meskipun begitu, apel jenis ini telah dimanfaatkan juga oleh para pengusaha di Indonesia untuk dijadikan makanan ringan ole-ole keripik buah asal Malang.  

Tidak peduli berapa banyak resep makanan yang bisa Anda hasilkan dari apel granny smith, yang patut Anda ketahui adalah khasiat yang dihasilkannya, seperti dikutip dari Healthy Eating:

Menurunkan berat badan

Selain kaya akan antioksidan yang ampuh mencegah radikal bebas berkembang dalam tubuh, apel granny smith ternyata bisa jadi daftar makanan diet Anda. Apel ini setidaknya kaya serat dan memiliki 80 kalori saja setiap 3 inci buahnya.

Serat apel ini juga dikenal mudah larut yang berfungsi menarik air dalam saluran pencernaan Anda. Kemudian membentuk seperti gel sehina memberikan efek kenyang dalam jangka waktu yang lama. Untuk hasil lebih baik, Anda bisa mengkonsumsi apel jenis ini sebelum makan atau saat senggang di sore hari.

Menstabilkan gula darah

Sebab apel ini kaya serat, maka penyerapan gula di dalam pencernaan usus kecil akan otomatis diperlambat. Berdasarkan laporan Best Health Magazine, wanita yang gemar mengkonsumsi satu buah apel setiap hari 30 persen lebih tidak mungkin terkena diabetes Tipe 2.

Untuk hasil maksimal, penting bagi Anda untuk menakar konsumsi serat harian Anda. Menurut Dietary Guidelines for Americans (2010), apel granny smith setidaknya menyediakan 5 gram serat makanan dari 14 gram total serat yang Anda butuhkan per hari.

Menyehatkan gigi

Mengkonsumsi apel granny smith setelah makan ternyata bisa merangsang produksi air liur akibat zat asam yang dikandungnya. Hal inilah yang memberikan efek pengurangan bakteri pada mulut. Namun, juga harus dibarengi minum segelas air agar email gigi tidak rusak oleh tingginya asam apel yang dikunyah dalam mulut.

Menstabilkan detak jantung

Apel granny smith juga kaya kalium yang memproduksi cairan elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Cairan ini juga berfungsi untuk menetralkan detak jantung Anda. Menurut Linus Pauling Insitute, Anda membutuhkan setidaknya 4.700 mg kalium setiap hari. Dan setidaknya, 100 gr (3,5 ons) apel granny smith mengandung 115 mg kalium di dalamnya. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar