Apa yang Terjadi Pada Tubuh Pasca Melahirkan? (Part I)

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Pasca Melahirkan? (Part I)

Ilustrasi (The List)

Jumat, 3 November 2017 | 09:36

Analisadaily - Menjadi seorang ibu adalah pengalaman yang luar biasa dan mengubah hidup. Mulai dari melihat hasil ultrasound pertama hingga merasakan tendangan pertama. Melahirkan menjadi hal yang dinanti. Pasca melahirkan, masih banyak sejuta kejutan yang akan dialami wanita.

Termasuk perubahan-perubahan pada diri secara fisik dan emosional. Ada banyak perubahan yang terjadi dan tidak diketahui masyarakat. Apa saja?

Sembelit

Hormon dapat mempengaruhi usus. Termasuk hormon selama hamil yang akan berubah. Menurut Divisi Obstetrik Universitas Rochester, sembelit akan terjadi dalam beberapa hari pasca melahirkan. Anda hanya diminta meminum air putih yang cukup untuk mengurangi masalah sembelit berlanjut.

Rambut rontok

Akibat penurunan estrogen yang signifikan, wanita pasca melahirkan akan mengalami kerontokan pada rambut. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), ini sebenarnya bukan rambut rontok, melainkan pertumbuhan rambut berlebih.

Dilansir dari The List, Jumat (3/11), Anda dapat menggunakan shampoo volumizing yang mengandung bahan seperti protein untuk melapisi rambut.

Rasa sakit di Miss V

"Sekitar 65 persen wanita yang melahirkan secara vaginal memerlukan jahitan untuk memperbaiki laserasi di saluran vagina, di sisi uretra atau di labia. Inilah yang menyebabkan rasa sakit. Jangan panik, karena akan sembuh dalam 10 hari," kata Dr. Shannon Clark dari Associate Professor di Divisi Maternal-Fetal Medicine, University of Texas Medical Branch.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar