Apa Itu West Nile Virus?

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Apa Itu West Nile Virus?

Nyamuk tularkan West Nile Virus (Fox News)

Rabu, 1 Agustus 2018 | 14:40

Analisadaily - West Nile merupakan virus yang biasanya disebarkan oleh nyamuk yang terinfeksi. Meskipun efek samping dari virus itu dapat berakibat fatal, namun dalam banyak kasus pasien yang terinfeksi juga bisa disembuhkan.

Virus ini ditularkan oleh gigitan nyamuk ke manusia, setelah nyamuk terinfeksi dari hewan lainnya seperti burung. West Nile tidak menyebar melalui batuk, bersin atau menyentuh hewan hidup yang terinfeksi virus.

Kebanyakan orang yang terinfeksi tidak mengalami gejala. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis, 1 dari 5 calon pasien West Nile mengalami demam dan mungkin juga mengalami sakit kepala, nyeri tubuh, muntah, diare atau ruam.

Sementara sekitar 1 dari 150 orang yang terinfeksi virus West Nile dapat mengembangkan penyakit serius seperti peradangan pada sumsum tulang belakang atau otak.

Tidak ada vaksin atau pengobatan antivirus khusus untuk mengobati atau mencegah penyakit ini. Obat untuk meredakan gejalanya hanya menggunakan obat pereda demam. Biasanya orang yang lebih tua rentan terkena virus West Nile.

"Kanker, diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal meningkatkan risiko terkena gejala. Begitu juga ketika menerima transplantasi organ," kata juru bicara CDC, dilansir dari Fox News, Rabu (1/8).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar