Apa Itu Norovirus?

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Apa Itu Norovirus?

Norovirus (Medical Express)

Senin, 12 Februari 2018 | 12:30

Analisadaily - Hingga Kamis malam, ada 128 kasus norovirus di Korea Selatan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea, kenaikan kasus cukup signifikan dari 32 kasus awal yang dilaporkan awal pekan ini.

Bug tersebut dimulai dari penjaga keamanan yang tinggal di pusat pelatihan pemuda di Pyeongchang. Penyelenggara olimpiade setidaknya mengkarantina 1.200 staf Olimpiade sebagai tindakan pencegahan.

Dan pejabat Korea Selatan mengerahkan sekitar 900 personil militer untuk membantu kekurangan keamanan. Sejauh ini, belum ada atlet yang terinfeksi. Namun para petugas tetap bersiaga tinggi

Menyebarnya dengan cepat Norovirus membuat banyak orang bertanya-tanya tentang apa Norovirus itu sebenarnya.

Norovirus disebut juga sebagai winter vomiting bug. Lee-Ann Jaykus, direktur ilmiah NoroCORE, mengatakan Norovirus yang masuk ke tubuh pada akhirnya mencapai saluran gastrointestinal dan sampai di bagian perut atau usus.

Akibatnya, virus menyebabkan mual, sakit perut, muntah dan diare, bahkan menyebabkan dehidrasi. Bisa juga menyebabkan demam, sakit kepala dan sakit pada tubuh. Norovirus memiliki strain berbeda, sehingga dapat menyebar dengan mudah. Terutama di tempat tertutup.

“Cara umum penyebaran virus sangat mudah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Seperti berbagi kamar mandi, kamar asrama atau ruang komunal lainnya. Kapal pesiar, sekolah dan panti jompo adalah tempat yang dengan mudah menyebarkan Norovirus,” kata Jaykus.

Lebih khusus lagi, virus bisa pula menyebar melalui kotoran dan muntah. Ketika orang yang terinfeksi muntah atau buang air besar, jumlah virus yang dikeluarkan hingga jutaan partikel dalam satu gram saja.

"Hanya dibutuhkan beberapa partikel virus untuk membuat orang sakit," tambahnya, seperti laporan dari Fox News, Senin (12/02).

Bagaimana mencegahnya?

Berbeda dengan flu dan penyakit lainnya, tidak ada vaksin untuk mencegah norovirus. Menjaga tangan tetap bersih menjadi cara paling ampuh untuk mencegah penyebaran infeksi.

Virus norovirus sangat sulit untuk dibunuh. Melawan virus ini membutuhkan konsentrasi alkohol yang tinggi. Ditambah lagi, Norovirus dapat menyebar selama berminggu-minggu.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar