Apa Itu Autophagy?

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Apa Itu Autophagy?

 Autophagy (Mind The Graph)

Senin, 14 Mei 2018 | 13:27

Analisadaily - Kata autophagy berasal dari bahasa Yunani yang artinya ‘diri’ dan ‘makan’. Autophagy adalah proses regenerasi alami yang terjadi pada tingkat sel dalam tubuh, mengurangi kemungkinan tertular beberapa penyakit serta memperpanjang umur.

Autophagy menjadi proses, dimana sel mampu menurunkan dan mendaur ulang komponennya. Kemudian, menyediakan bahan bakar untuk energi untuk pembaharuan sel.

Setelah tubuh terinfeksi, cara autophagy dapat menghancurkan bakteri dan virus. Fungsi lainnya adalah untuk menyingkirkan protein dan organel yang rusak, untuk melawan efek negatif penuaan pada tubuh.

Autophagy pertama kali ditemukan pada tahun 1960-an, tetapi kepentingan mendasarnya hanya diakui setelah penelitian Yoshinori Ohsumi pada 1990-an.

"Apa yang kami temukan tentang Autophagy beguna untuk melindungi diri terhadap penyakit seperti Parkinson, Huntington dan beberapa bentuk demensia," kata Profesor neurogenetika molekuler di Universitas Cambridge dan Lembaga Penelitian Demensia Inggris, Dr Rubinsztein.

"Autophagy juga bermanfaat dalam konteks pengendalian infeksi, serta melindungi terhadap peradangan yang berlebihan,” lanjutnya, seperti dilansir dari BBC, Senin (14/5).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar