Anoreksia Lebih Sering Terjadi Pada Wanita Penderita Celiac

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Anoreksia Lebih Sering Terjadi Pada Wanita Penderita Celiac

llustrasi (Fox News)

Jumat, 7 April 2017 | 10:14

Analisadaily - Wanita yang didiagnosis menderita penyakit celiac lebih cenderung menghadapi diagnosis sekunder anoreksia nervosa. Celiac merupakan alergi makanan yang mencegah tubuh mengonsumsi nutrisi.

"Sebelum penelitian ini, ada beberapa kasus kecil tentang kondisi pasien celiac yang mengalami gangguan makan," kata peneliti dari University of Colorado, Dr. Karl Marild.

"Ini menjadi penelitian besar pertama yang menunjukkan hubungan antara penyakit celiac dengan anoreksia nervosa," jelasnya, dilansir dari Fox News, Jumat (7/4).

Anorexia nervosa merupakan gangguan emosional yang melibatkan keinginan obsesif untuk menurunkan berat badan dengan menolak makan. Gangguan tersebut dapat ditandai dengan berbagai gejala yang mirip penyakit celiac.

Sementara gangguan autoimun gluten menyebabkan kerusakan dari usus kecil dan masalah penyerapan nutrisi. Peneliti menemukan, wanita yang didiagnosis celiac lebih berpotensi hingga 46% terkena anoreksia nervosa.

"Celiac dan anoreksia nervosa memiliki gejala yang sama, perut tidak nyaman setelah makan, perasaan kenyang, perubahan usus karena kebiasaan dan penurunan berat badan," papar Dr. Neville Golden dari Stanford Children's Health in California.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar