Anjing Bisa Deteksi Kanker

Penulis: Ria Situmorang | Editor: James P Pardede

Anjing Bisa Deteksi Kanker

Ilustrasi anjing (squarespeace)

Rabu, 9 Desember 2015 | 14:03

Analisadaily –  Anda mungkin akan merasa bersalah pada anjing peliharaan Anda yang Anda biarkan mengendus tempat sampah dan makan makanan sisa setelah membaca artikel ini. Ya, anjing peliharaan Anda bisa mendeteksi kanker dan bahkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Ahli kesehatan jaman sekarang menggunakan indera penciuman anjing untuk mendeteksi penyakit-penyakit berbahaya termasuk kanker seperti yang dilansir dari laman Times of India, Rabu (9/12).

Memiliki anjing sebagai hewan peliharaan memang beresiko tinggi ditengah bahaya penyakit rabies dan studi yang menunjukkan bahwa memelihara anjing ketika masih memiliki bayi sangat tidak disarankan, namun mari kita ulas tentang manfaat memelihara anjing.

Memelihara anjing pada dasarnya memiliki banyak keuntungan, hewan ini dapat menurunkan kadar gula Anda, melegakan otot syaraf akibat stres dan meningkatkan sistem imun. Orang-orang biasanya bersantai dengan membawa anjingnya berjalan-jalan, yang pada dasarnya bisa meningkatkan sistem imun seseorang.

Dalam penelitian terakhir juga menyebutkan bahwa memelihara anjing dapat mengurangi resiko alergi dan asma. Bayi yang tumbuh bersama anjing juga dinilai dapat meningkat sistem imun sang bayi.

Anjing pada dasarnya memiliki indera penciuman yang kuat. Salah satu studinya mengatakan bahwa anjing bisa mendeteksi apakah pemiliknya punya resiko kanker dari hanya mencium aroma urin si majikan. Studi ini sendiri dipresentasikan dalam rapat American Urological Association.

Para peneliti ini mencoba untuk melatih dua pasang anjing ras German Shepherd untuk mendeteksi kanker prostat dengan mencium aroma urin si majikan. Zoe dan Liu (nama dua anjing tersebut) benar bisa secara akurat mengidentifikasi pasien dengan penyakit kanker prostat.

Anjing ras German Shepred (vetstreet)

Anjing ras German Shepred (vetstreet)

Tidak hanya itu, anjing juga dapat mendeteksi pasien dengan penyakit melanoma (kanker kulit) dan diabetes. The Lions Foundation of Canada Dog Guides baru-baru ini berhasil melatih anjingnya untuk medeteksi kadar gula darah seseorang. Anjing-anjing ini akhirnya diberikan julukan anjing ‘bahaya gula’ oleh warga sekitar. 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar