Ancaman Kebutaan Hantui Pengguna Lensa Kontak

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Lely Novita

Ancaman Kebutaan Hantui Pengguna Lensa Kontak

Ilustrasi (DailyMail)

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 10:52

Analisadaily - Menurut penelitian, hampir semua orang yang menggunakan lensa kontak terancam dengan risiko kebutaan. Sebuah survei yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, terdapat 99 persen dari 1.000 orang dewasa yang melanggar salah satu dari aturan penting memakai lensa kontak.

Dilansir dari Daily Mail (21/8), jumlah pemakai lensa kontak telah berkembang selama 20 tahun terakhir. Sekitar 3,5 juta orang di Inggris dan 30 juta di AS memilih lensa lunak ini untuk memperbaiki penglihatan mereka.

Laporan tersebut menemukan sejumlah hal yang mengkhawatirkan, karena pengguna tidak benar-benar membuat lensa kontak mereka bersih saat digunakan. Lebih dari separuh pemakai mengaku tidur semalaman dengan lensa kontak yang masih terpasang. Sementara hampir 9 dari 10 orang tidur siang dengan lensa mereka.

Kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan infeksi mata yang berpotensi merugikan, seperti keratitis dan peradangan pada kornea yang dapat menyebabkan kebutaan. Hampir sepertiga dari pemakai mengaku mereka pergi ke dokter karena mata merah yang menyakitkan.

Namun kekhawatiran terbesar dari studi ini adalah jumlah orang yang tidak memperdulikan penggunaan dan perawatan lensa kontak mereka. Sekitar 8 dari 10 orang mengaku memakai lensa kontak saat mandi dan 6 dari 10 orang berenang saat masih perangkat mata ini.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan sekitar lebih dari sepertiga orang mengatakan bahwa mereka membilas lensa mereka di bawah air keran, sementara hampir 17 persen mengatakan mereka merendamnya dalam air keran semalaman. 

Para ahli mengatakan bahwa hal ini secara signifikan dapat meningkatkan risiko infeksi mata karena dapat mentransfer mikroorganisme yang hidup di air mata. Meskipun air keran rumah tangga aman untuk diminum, namun air ini tidak steril dan mengandung kuman yang dapat mencemari lensa kontak dan menyebabkan infeksi mata. 

Beberapa tips ini bisa Anda lakukan untuk melindungi mata Anda dari ancaman kebutaan karena pengunaan lensa kontak yang salah :

1. Mencuci tangan dengan sabun dan air hingga benar-benar kering sebelum menyentuh lensa kontak.

2. Melepas lensa kontak sebelum tidur, mandi atau berenang.

3. Menggosok atau membilas lensa kontak dengan desinfektan setiap kali selesai menggunakannya.

4. Bersihkan kotak penyimpanan lensa kontak dengan solution/air pembersih dan sipan dalam keadaan kotak tertutup setelah digunakan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar