Anak Sulung Berisiko Lebih Besar Alami Rabun Jauh

Penulis: Elfa Harahap | Editor: James P Pardede

Anak Sulung Berisiko Lebih Besar Alami Rabun Jauh

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 15 Oktober 2015 | 21:16

Analisadaily - Anak sulung memiliki risiko sedikit lebih tinggi mengalami rabun di kemudian hari, dibandingkan dengan saudara-saudari mereka yang lebih muda. Dalam penelitian, para peneliti melihat urutan kelahiran dan persentase rabun jauh pada 89.000 orang berusia 40 sampai 69.

Peneliti menemukan bahwa anak sulung 10 hingga 20 persen lebih mungkin mengalami rabun jauh. Hasil ini kemudian dihubungakn dengan tingkat pendidikan. Hasilnya, anak sulung yang berpendidikan tinggi 25 persen lebih berisiko rabun jauh.

Hasil ini menunjukkan bahwa orang tua harus lebih memperhatikan aktivitas belajar anak mereka, seperti membaca terlalu banyak dalam kondisi pencahayaan yang kurang memadai

"Studi kami memberikan bukti yang mengaitkan pendidikan dan miopia, konsisten dan prevalensi miopia di negara-negara berpendidikan sangat tinggi sejak usia dini," kata peneliti, Jeremy A. Guggenheim, dari Cardiff University di Inggris.

Sebagai contoh, penelitian sebelumnya meneliti 110.000 anak laki-laki usia 15 sampai 25 tahun di Singapura. Dilaporkan dari Fox News, Selasa (12/10), penelitian menemukan prevalensi rabun jauh dan tingkat rabun jauh lebih tinggi pada peserta yang mengikuti pendidikan formal satu tahun lebih lama.

Sebaliknya, sebuah penelitian dari 1.900 anak-anak di Tiongkok menemukan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu di luar berisiko lebih rendah menngalami rabun mata.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar