Ambang Batas Timbal Pada Kosmetik

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

Ambang Batas Timbal Pada Kosmetik

Ilustrasi (The Sunflower Press)

Minggu, 25 Desember 2016 | 17:26

Analisadaily - Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), menerbitkan panduan terkait rancangan baru atau anjuran kepada produsen kosmetik perihal ambang batas kandungan timbal dalam produk yang dipasarkan di Amerika Serikat.

FDA menyarankan jumlah maksimal timbal yang terdapat di alat kosmetik seperti lipstik, lip glosses, lip liners, serta peralatan kosmetik lainnya seperti eye shadows, body lotions, dan sampo adalah 10 parts per million (ppm).

Meski saran itu tidak merupakan sesuatu yang diwajibkan, namun FDA tetap menerbitkan imbauan agar para konsumen tidak mengalami berbagai masalah kesehatan di kemudian hari.

"Meskipun sebagian besar kosmetik di pasar AS sudah mengandung timbal kurang dari 10 ppm, namun masih ada yang penggunaannya tinggi. Kami menyadari, beberapa kosmetik dari negara lain mengandung timbal yang lebih tinggi," bunyi pernyataan FDA, dilansir dari Fox News, Minggu (25/12).

Seperti diketahui, timbal merupakan unsur alami yang ditemukan dalam kosmetik dan diklaim bisa menjadi racun bagi manusia maupun hewan hingga menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Paparan timbal disinyalir bisa menyebabkan efek kardiovaskular, masalah ginjal dan masalah reproduksi pada anak-anak. Sedangkan paparan timbal pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur atau mengurangi pertumbuhan janin.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar