Amankah Terima Vaksin Saat Hamil?

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Amankah Terima Vaksin Saat Hamil?

Ilustrasi (Fox News)

Kamis, 14 September 2017 | 14:15

Analisadaily - Banyak yang bertanya-tanya, sejauh mana vaksin aman bagi wanita hamil? Menurut laporan kesehatan, tidak semua jenis vaksin berbahaya bagi wanita hamil dan janin. Vaksin tertentu sebenarnya justru direkomendasikan selama masa kehamilan.

Misalnya vaksin Tdap (tetanus, difteri, dan pertusis), yang membantu melindungi wanita hamil dari batuk dan flu. Wanita hamil rentan terkena flu di semester pertama kehamilan. Para ahli umumnya merekomendasikan agar wanita hamil mendapatkan Tdap antara tanda 27 dan 36 minggu.

Lalu, ada vaksin yang tidak boleh diberikan kepada wanita hamil karena berpotensi menularkan virus ke bayi. Misalnya vaksin MMR (campak, gondok, dan rubella). Vaksin MMR merupakan vaksin virus hidup. Itulah sebabnya mengapa wanita hamil tidak disarankan menerimanya saat hamil.

Dilansir dari Fox News, Kamis (14/9), vaksin MMR diterima setidaknya sebulan sebelum hamil. Rubela, misalnya, dapat menyebabkan cacat lahir yang serius jika seorang wanita hamil terinfeksi. Jadi penting untuk memastikan Anda mengetahui semua vaksinasi sebelum Anda mencoba untuk hamil.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar