Alkohol Tingkatkan Rasa Lapar

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Alkohol Tingkatkan Rasa Lapar

Alkohol (BBC)

Rabu, 11 Januari 2017 | 13:24

Analisadaily - Dalam uji coba yang dilakukan seekor tikus, alkohol diketahui memiliki dampak negatif lain. Alkohol bisa mengaktifkan sinyal otak yang memerintahkan tubuh untuk makan lebih banyak. Artinya. Alkohol dapat meningkatkan rasa lapar.

Tikus-tikus diberi alkohol selama tiga hari. Dosis yang diberikan setara dengan 18 botol alkohol atau setengah botol anggur. Hasilnya, alkohol menyebabkan peningkatan aktivitas pada neuron yang disebut AGRP. Ini adalah neuron yang bertugas memberikan sinyal ketika tubuh mengalami kelaparan.

Ketika para peneliti mengulangi percobaan tetapi memblokir aktivitas neuron dengan obat, tikus tidak makan sebanyak seperti penelitian awal. Bisa ditarik kesimpulan, neuron AGRP bertanggung jawab terhadap naiknya nafsu makan akibat alkohol.

Alkohol sendiri mengandung banyak kalori. Segelas besar anggur misalnya, setara dengan sebuah donat besar. Memahami bagaimana alkohol membuat perubahan pada tubuh bisa membantu manusia mengelola obesitas.

Penemuan ini bisa menjadi alasan mengapa orang-orang harus berhenti minum alkohol jika tidak ingin mengalami obesitas. Sebab, sekitar 2/3 orang dewasa sudah mengalami kelebihan berat badan.

"Alkohol bertanggung jawab memumculkan lebih dari 60 penyakit. Alkohol dan obesitas menyebabkan 90 persen kematian akibat gagal hati dan alkohol dua kali lebih beracun untuk hati manusia," kata Prof Sir Ian Gilmore dari Alcohol Health Alliance, dilansir dari BBC, Rabu (11/1).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar