Alkohol dan Risiko Penyakit Hati

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Alkohol dan Risiko Penyakit Hati

Alkohol (Fox News)

Senin, 26 Februari 2018 | 14:27

Analisadaily - Pria yang minum alkohol di masa remaja lebih berisiko mengembangkan penyakit hati pada masa tuanya dibandingkan remaja yang tidak mengonsumsi alkohol.

Periset dari Swedia menjelaskan, data konsumsi alkohol untuk 43.296 orang yang memasuki dinas militer pada tahun 1969 dan 1970 berusia 18 sampai 20 tahun. Sebanyak 383 pria didiagnosis menderita penyakit hati berat, termasuk 208 yang meninggal.

Setiap gram alkohol yang dikonsumsi di masa muda dikaitkan dengan peningkatan 2 persen risiko penyakit hati parah.

Risiko bahkan tetap terjadi setelah peneliti memperhitungkan faktor risiko lainnya, seperti obesitas, merokok dan penyakit kardiovaskular.

Resikonya lebih terasa di kalangan peminum berat. Laki-laki muda yang rata-rata mengkonsumsi alkohol hingga 40 gram (setara dengan kira-kira 3 sampai 5 gram) setiap hari memiliki dua kali risiko penyakit hati. Sementara remaja yang minum 51 sampai 60 gram sehari berisiko empat kali lipat.

"Kami menemukan sebagian besar mereka yang mengonsumsi alkohol pada akhirnya mengembangkan penyakit hati berat," kata peneliti utama Dr. Hannes Hagstrom dari Rumah Sakit Universitas Karolinska di Stockholm, sepetti dilaporkan dari Fox News, Senin (26/02).

Secara keseluruhan, pria muda saat ini rata-rata mengkonsumsi hampir 9 gram per hari. Sementara sekitar 6 persen mengaku tidak minum sama sekali dan hampir 5 persen mengkonsumsi lebih dari 60 gram per hari.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar