Alergi Protein Susu Sapi Sebabkan Anak Rentan Stres

Alergi Protein Susu Sapi Sebabkan Anak Rentan Stres

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi.

(aa/rzp)

Rabu, 17 Mei 2017 | 14:08

Analisadaily (Medan) - Alergi saat ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga pada anak-anak khususnya balita. Umumnya alergi yang sering diderita balita adalah alergi protein susu sapi.

Tidak hanya secara fisik, alergi protein susu sapi berkaitan erat dengan aspek psikologis orang tua dan si anak. Alergi dapat memengaruhi keceriaan mereka, karena merasa dibatasi dalam memilih makanan dan merasa tidak sama dengan teman-teman seusia-nya.

Hal itu diungkapkan langsung psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi. Menurutnya, jika mereka terus dibatasi dalam memilih makanan, hal itu dapat memperbesar stres pada si anak.

"Si kecil yang memiliki alergi protein susu sapi rentan mengalami stres dan kecemasan berlebih, karena keterbatasan mereka. Apalagi susu sapi juga agak sulit dihindari, karena tersaji dalam bermacam makanan minuman, sehingga orang tua sering merasa khawatir," kata Anna di Medan, Rabu (17/5).

"Jika orang tua tidak menangani alergi protein susu sapi pada si kecil dengan tepat, maka sang anak bisa tumbuh menjadi kaku, pencemas, dan menghindari pergaulan," lanjutnya.

Tidak maksimalnya kondisi si anak tersebut, sebut Anna, bisa membuat mereka menjadi kurang ceria dan gangguan bersosialisasi karena tidak bisa bermain bersama teman-temannya.

"Bahkan reaksi alergi yang dialami oleh si kecil dapat membuat mereka kurang tidur, sehingga tubuh mereka mudah lelah dan sulit konsentrasi ketika belajar. Ini pastinya akan menurunkan rasa percaya diri si kecil di lingkungan pertemanan," terangnya.

(aa/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar