Alasan Wanita Hamil Harus Dapatkan Vaksinasi Flu

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Alasan Wanita Hamil Harus Dapatkan Vaksinasi Flu

Ilustrasi (Kelly Brogan)

Senin, 30 Januari 2017 | 11:00

Analisadaily - Penelitian dari CDC menunjukkan, wanita hamil yang terkena flu dapat terkena komplikasi berbahaya ketika diserang flu. Komplikasi ini tidak hanya signifikan untuk ibu, tetapi juga dapat mempengaruhi bayi lahir lebih cepat atau kelahiran prematur, bahkan kematian.

Ada tiga alasan utama mengapa flu dapat berbahaya pada wanita hamil:

1. Wanita hamil memiliki lebih banyak kesulitan dalam melawan infeksi - baik virus dan bakteri. Sebab, sistem kekebalan tubuh sering menjadi buruk karena perubahan hormonal selama kehamilan. Setelah infeksi berat berkembang, kemungkinan virus atau bakteri dapat menguasai tubuh.

2. Alasan kedua berkaitan dengan hormon progesteron. Salah satu efek hormon progesteron jika berlebihan dapat menciptakan pembengkakan kapiler dan pembengkakan pada lapisan hidung dan faring oral.

3. Perubahan fisik yang signifikan dalam sistem pernapasan wanita hamil menjadi lebih besar. Itu artinya, kapasitas fungsi dari paru menurun. Kemudian, volume cadangan ekspirasi dan volume residu paru-paru menurun sebesar 20 persen, sehingga Anda kesulitan bernafas. Saat virus flu menyerang, ini dapat semakin membahayakan karena flu juga membuat seseorang kesulitan bernafas.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar