Alasan Orang Kulit Hitam Sulit Terkena Kanker Kulit

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Lely Novita

Alasan Orang Kulit Hitam Sulit Terkena Kanker Kulit

Ilustrasi (New Stateman)

Senin, 8 Juni 2015 | 13:40

Analisadaily - Setiap orang tetap memiliki risiko terkena kanker kulit selama masih terkena paparan sinar matahari. Namun, perbedaan warna kulit mempengaruhi persentase risiko terkena kanker.

Disebutkan pada Clevel and Clinic, orang berkulit hitam lebih memiliki pigmen atau melanin untuk melindungi mereka dari paparan matahari berbahaya. Itulah sebabnya mengapa orang-orang kulit hitam sulit terkena kanker kulit.

Namun, bukan berarti tidak ada kasus yang terjadi pada golongan ini. Kanker kulit pada orang kulit hitam biasanya terjadi pada bagian-bagian tubuh berbeda. Misalnya kanker kulit pada kaki dan kuku.

"Kulit gelap cenderung memiliki pigmen lebih yang disebut melanin untuk melindungi mereka dari sinar matahari berbahaya. Bukan berarti orang-orang dengan kulit gelap tidak bisa terkena kanker kulit. Tentu saja bisa, hanya saja orang berkulit putih lebih rentan dan berisiko,” kata dokter kulit Angela Kyei, MD.

“Orang-orang berkulit gelap cenderung mengalami kanker kulit pada bagian tubuh berbeda dari kebanyakan kasus. Misalnya, di Afrika, Amerika dan Asia, kami melihat kanker kulit lebih sering terjadi pada bagian kuku, tangan dan kaki. Orang kulit putih kebanyakan pada bagian yang sering terpapar sinar matahari,” lanjut Dr. Kyei.

Kulit rentan dihubungkan dengan vitamin D. Jika orang berkulit hitam memiliki melanin lebih, banyak pertanyaan tentang seberapa pentingnya orang kulit hitam menggunakan vitamin D.

“Itu pertanyaan yang kontroversial. Tergantung pada siapa Anda bertanya. Jika Anda melihat orang Afrika, mereka tidak begitu membutuhkan vitamin D. Jika Anda berada pada sisi berbeda, Anda lebih membutuhkan tabir surya. Apapun tiu, vitamin D tetap penting bagi siapa saja. Vitamin D dapat membantu.”

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar