Alasan Nyamuk Jadi Ancaman Kesehatan Dunia

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Alasan Nyamuk Jadi Ancaman Kesehatan Dunia

Nyamuk (Fox News)

Kamis, 6 Juli 2017 | 14:24

Analisadaily - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, dari semua serangga penyebar penyakit, nyamuk adalah ancaman terbesar kesehatan di seluruh dunia. Nyamuk menyebarkan penyakit termasuk malaria, demam berdarah, dan demam kuning yang menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

Salah satu ancaman terbaru adalah Zika yang telah ditemukan di 70 negara dan wilayah di seluruh dunia. John Beier, seorang ahli entomologi di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Miami, mengatakan, nyamuk membawa risiko signifikan, termasuk penularan penyakit karena gaya hidup.

"Itulah yang kami lihat tahun lalu dari Zika. Sekitar 80 persen orang yang terinfeksi Zika tidak menunjukkan gejala apapun. Di Miami khususnya, sejumlah besar turis dan pengunjung datang dari negara lain. Mereka berpotensi membawa penyakit," kata Beier.

Ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyebaran virus dari nyamuk. Misalnya, wanita hamil sebaiknya menghindari tempat-tempat yang banyak nyamuknya, menggunakan lotion anti nyamuk, dan mengenakan baju, serta celana panjang.

"Kita semua harus waspada dengan cara baru. Kita harus berpikir secara global tentang masalah ini dan menyadarinya. Jika tidak, kita akan benar-benar berada dalam masalah," tambahnya, seperti dilansir dari Fox News, Kamis (6/7).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar