Alasan Mengapa Anda Harus Meminum Teh Hijau

Penulis: Reza Perdana

Alasan Mengapa Anda Harus Meminum Teh Hijau

Teh hijau (Boldsky)

Minggu, 6 Agustus 2017 | 17:54

Analisadaily - Rutin meminum teh hijau dalam kehidupan sehari-hari ternyata memiliki manfaat dalam tubuh Anda, seperti dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat dan juga resistensi insulin di otak yang disebabkan diet.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (6/8), periset menemukan dalam sebuah studi yang melibatkan tikus, menunjukkan teh hijau mengandung bahan yang dikenal sebagai EGCG (epigallocatechin-3-gallate), katekin paling melimpah dan komponen aktif secara biologis.

Komponen tersebut memiliki potensi untuk mengurangi resistensi insulin, pendahulu diabetes tipe II, yang disebabkan oleh obesitas serta memperbaiki penurunan kognitif terkait usia, disertai peradangan perifer.

"Teh hijau adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air, dan ditanam di setidaknya 30 negara," kata Xuebo Liu dari Northwest A & F University di Yangling, Tiongkok.

"Kebiasaan kuno minum teh hijau bisa menjadi alternatif yang lebih dapat diterima untuk pengobatan, ketika harus memerangi obesitas, resistensi insulin, dan kerusakan memori," Liu menambahkan.

Penelitian sebelumnya menunjukkan potensi EGCG untuk mengobati berbagai penyakit manusia seperti kelainan sumsum tulang, mengurangi toksisitas dan kerusakan ginjal akibat obat kanker, serta beberapa kondisi jantung.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di The FASEB Journal, tim membagi tikus jantan tiga bulan menjadi tiga kelompok berdasarkan diet. 1) kelompok kontrol diberi makanan standar. 2) kelompok yang diberi makan dengan lemak tinggi serta tinggi Fruktosa (HFFD), dan 3) kelompok yang diberi diet HFFD dan 2 gram EGCG per liter air minum.

Para peneliti memantau tikus tersebut selama 16 minggu, dan menemukan bahwa mereka yang diberi makan dengan HFFD memiliki berat badan akhir yang lebih tinggi daripada tikus kontrol, dan berat badan akhir yang secara signifikan lebih tinggi daripada tikus HGCD + EGCG.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar