Alasan Lensa Kontak Merusak Mata Saat Dibawa Tidur

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Alasan Lensa Kontak Merusak Mata Saat Dibawa Tidur

Lensa Konta (Share for Learning)

Rabu, 30 November 2016 | 10:17

Analisadaily - Anda pengguna lensa kontak terkadang tidak menyadari membawanya tidur, baik di malam hari atau di siang hari. Atau tanpa sengaja terbawa tidur. Seperti halnya benda asing yang ada pada tubuh, lensa kontak memberikan bahaya nyata pada mata saat dibawa tidur, meski tidak sengaja atau hanya berdurasi sebentar.

"FDA sebenarnya menggambarkan lensa kontak sebagai obat," kata Russell Wohl, OD, dari Farmingdale, New York.

"Memang, Anda tidak menelan lensa kontak. Dia hanya ada di mata. Tapi itu membutuhkan penyesuaian. Lensa kontak juga dapat menyebabkan kekeringan di mata. Air mata masing-masing orang terdiri dari keasaman pH tertentu. Ketika Anda menggunakan lensa kontak, pH akan berubah,” kata Russell.

“lensa kontak hanya akan memperburuk keadaan mata. Ketika berkedip, kita menyeka air mata di kornea karena ketika kornea terkena udara, itu sangat menjengkelkan. Sedangakn lensa kontak membutuhkan kelembaban. Saat mata Anda kering, lensa akan semakin berbahaya,” tambahnya.

Ketika kita tidur, kita kehilangan paparan oksigen pada kornea yang diperlukan untuk menjaga kornea sehat. Akhirnya, lensa kontak membatasi oksigen ke kornea. Dari hal ini, infeksi bisa saja terjadi. Bakteri kemudian membuat kornea rusak.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar