Alasan lain Untuk Tidak Merokok Saat Hamil

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Alasan lain Untuk Tidak Merokok Saat Hamil

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Jumat, 30 Desember 2016 | 10:52

Analisadaily - Seperti yang sudah diketahui, merokok bagi wanita hamil memberikan dampak kesehatan yang buruk bagi calon bayinya. Tidak hanya berisiko memiliki anak dengan kerusakan paru-paru, prematur dan kekurangan berat badan, alasan lain untuk tidak merokok saat hamil adalah kerusakan ginjal pada calon anak.

Penelitian yang dipimpin Dr. Maki Shinzawa, seorang peneliti kesehatan masyarakat di Universitas Kyoto, Jepang, membuktikan adanya risiko kerusakan ginjal pada calon bayi saat ibu mereka merokok selama kehamilan. Sebab, zat pada rokok sangat berbahaya dan dapat masuk ke dalam plasenta selanjutnya mempengaruhi kehidupan bayi selama di kandungan.

"Zat nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya pada rokok, seperti oksida nitrogen, polikarbonat dan karbon monoksida bisa melintasi plasenta. Beberapa zat trans-plasenta dapat mempengaruhi pembentukan ginjal pada janin selama kehamilan," kata Shinzawa.

79 persen wanita mengatakan mereka tidak pernah merokok dan 4 persen mengatakan mereka berhenti merokok selama kehamilan. Sekitar 17 persen dari wanita mengatakan mereka terus merokok saat mereka hamil.

Anak-anak yang ibu merokok saat hamil berisiko 24 persen lebih mungkin mengalami kerusakan ginjal. Dilansir dari Fox News, Jumat (30/12), salah satu keterbatasan dari penelitian ini adalah ketergantungan data pada ingatan wanita tentang seberapa banyak mereka merokok selama kehamilan, dan kurangnya tes laboratorium untuk mengonfirmasi paparan asap.

Namun penelitian ini linier dengan temuan-temuan sebelumnya yang juga mengaitkan rokok dan ginjal pada calon bayi.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar