Alasan Berat Badan Bertambah di Usia Paruh Baya

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Alasan Berat Badan Bertambah di Usia Paruh Baya

Ilustrasi (Fox News)

Minggu, 7 Mei 2017 | 11:13

Analisadaily - Seiring bertambahnya usia, biasanya berat badan pun semakin bertambah. Penelitian baru menjelaskan, kenaikan berat badan di usia paruh baya tidak ada hubungannya dengan jarang olahraga atau pilihan makanan yang buruk.

Periset mengidentifikasi peningkatan enzim yang berperan dalam penambahan berat badan dan penurunan kebugaran menyertai penuaan.

"Masyarakat kita mengaitkan penambahan berat badan di usia paruh baya, karena mereka kurang olahraga atau pilihan gaya hidup yang buruk," kata peneliti, yang juga kepala Laboratory of Obesity and Aging Research at the National Heart, Lung, and Blood Institute, Dr. Jay Chung.

"Penelitian ini menunjukkan, ada program genetik yang didorong oleh enzim untuk meningkatkan penambahan berat badan dan kehilangan kapasitas olahraga pada usia paruh baya," tambah Chung, seperti dilansir dari Fox News, Minggu (7/5).

Enzim terlibat dalam metabolisme (seperti konversi nutrisi menjadi lemak) dan memproduksi mitokondria dalam sel yang mengubah nutrisi menjadi energi. Meski begitu, bukan berarti orang-orang tidak harus berolahraga atau tidak menjaga pola makan.

Olahraga dan menjaga pola makan menjaga diri tetap terhindar dari obesitas di usia paruh baya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar