Akar Dandelion Dapat Dijadikan Kontrasepsi Pria

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Akar Dandelion Dapat Dijadikan Kontrasepsi Pria

Dandelion (We Sustain Earth)

Selasa, 16 Mei 2017 | 13:16

Analisadaily - Bahan kimia dari akar dandelion dan tanaman yang biasa disebut dengan Randa Tapak telah lama digunakan dalam obat tradisional. Kini, periset California mengklaim, tanaman ini juga dapat dijadikan kontrasepsi bagi pira.

Selama melakukan tes, bahan kimia yang disebut pristimerin dan lupeol dari tanaman mampu menghentikan pembuahan dengan mencegah sperma manusia mendekati indung telur. Bahan kimia ini bekerja sebagai kondom molekuler.

Dengan kata lain, mereka berhasil memblokir progesteron yang memicu sperma mendekati indung telur dengan aktif. Kabar baiknya lagi, tanaman ini tidak merusak sperma.

"Itu tidak membunuh motilitas sperma, tidak beracun bagi sel sperma. Sperma masih bisa bergerak. Sperma hanya tidak mampu mendekati indung telur," kata Polina Lishko, asisten profesor biologi molekuler dan sel dari University of California, Berkeley.

Lupeol ditemukan pada tanaman seperti mangga, akar dandelion dan lidah buaya, sedangkan pristimerin berasal dari tanaman triplinggium wilfordii. Prof Lishko dan rekan-rekannya sedang menguji seberapa baik bahan kimia ini pada primata, yang sel spermanya mirip dengan manusia.

"Ini adalah penelitian yang sangat menarik. Dimana, dua senyawa alami dapat melumpuhkan molekul sperma. Kedepannya, ini bisa menjadi kontrasepsi baru tanpa efek samping,” katanya dilansir dari Fox News, Selasa (16/5).

Namun, dia mengatakan, uji klinis diperlukan untuk menunjukkan apakah ini dapat berhasil pada manusia. Penelitian lebih lanjut membutuhkan waktu beberapa tahun lagi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar