Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Air Liur Bisa Deteksi Kanker Prostat

Ilustrasi (BBC)

Senin, 18 Juni 2018 | 17:04

Analisadaily - Ilmuwan tengah mengembangkan tes diagnostik yang dapat digunakan sebagai bagian dari program mendeteksi kanker prostat.

Saat ini, tidak ada tes tunggal yang dapat diandalkan untuk kanker prostat. Tes darah PSA, biopsi dan pemeriksaan fisik semuanya telah digunakan. Namun, hasilnya tidak begitu akurat. Menurut peneliti, cara terbaru yang dapat digunakan menggunakan air liur.

Institute of Cancer Research (ICR) di London mempelajari lebih dari 140.000 pria dan mengidentifikasi 63 variasi genetik baru yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Tes DNA menggabungkan varian tersebut dengan lebih dari 100 orang lain yang sebelumnya terkait dengan kanker prostat.

Dilansir dari BBC, Senin (18/6), Ros Eeles, profesor onkogenetika di ICR, mengatakan, penelitian menggunakan air liur cukup signifikan.

"Dengan melihat kode DNA puluhan ribu pria lebih dalam daripada sebelumnya, kami telah menemukan informasi baru yang penting tentang faktor genetik yang dapat mempengaruhi seseorang terkena kanker prostat," kata Ros.

Prof Paul Workman, kepala eksekutif dari Institute of Cancer Research, mengatakan, penelitian ini juga memberikan informasi penting tentang penyebab kanker prostat dan peran potensial dari sistem kekebalan tubuh yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai cara perawatan baru.

"Langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana penelitian ini dapat dikembangkan menjadi tes yang dapat mengidentifikasi laki-laki mengembangkan kanker agresif, dan bagaimana ini bisa diterapkan kepada pasien," ungkapnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar